Selasa, 28 Juni 2011

THE GREATEST OF BENTENG SOMBA OPU (jilid 3)

BAB IV
PENUTUP

A.  Kesimpulan
Benteng Somba Opu merupakan salah satu aset negara, dimana Benteng Somba Opu adalah benda cagar budaya yang harus dilestarikan. Benteng Somba Opu adalah bukti sejarah kejayaan kerajaan gowa pada abad ke-16 melawan penjajah (Belanda). Sejarah merupakan bagian penting untuk kita lestarikan.
Perlindungan terhadap benda cagar budaya dan situs, bertujuan melestarikan dan memanfaatkannya untuk memajukan kebudayaan Nasional Indonesia, maka oleh karena itu setiap upaya dan inisiatif perlindungan dan pelestarian Benteng Somba Opu perlu mendapat dukungan dan penghargaan, mengingat bahwa Benteng Somba Opu memiliki arti penting bagi pemahaman dan pengembangan sejarah, ilmu pengetahuan dan kebudayaan.


B. Saran

1.   Masyarakat              : sebaiknya mengetahui sejarah Benteng Somba Opu sehingga masyarakat    sendiri dapat menghargai dan ikut merawat serta mengembalikan eksistensi Benteng.
2.   Pemerintah            : Pemerintah sebaiknya membentuk divisi khusus untuk pengelolaan benteng dalam hal ini benteng sebagai benda cagar budaya. Sehingga benteng tidak terbengkalai, lebih terawat dan dapat meningkatkan vitalitas ekonomi kawasannya.



0 komentar:

Poskan Komentar