Senin, 06 Juni 2011

wisata Kuliner

Bakso adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar daging. Biasanya pedagang lebih sering menggunakan daging sapi. Selain daging sapi, bakso juga bisa dibikin dari ikan. Tapi bakso yang satu ini mungkin asing anda dengar yaitu Bakso Babi dari Toraja. Sebagai wilayah dengan mayoritas penduduk beragama nasrani, Babi menjadi makanan yang umum ditemukan di Toraja ini. Babi hadir dalam berbagai bentuk olahan seperti misalnya Pa’piong, Sate, Dendeng Babi, Babi Kecap, Pangrarang, Pantollo Pamarrasan dan lain-lain disini. Nah, buat anda yang tidak menginginkan makanan yang berbumbu terlalu berat, ada olahan Babi lain yang cukup menarik yakni dalam bentuk Bakso.
Para pedagang membuat bakso dari bahan daging Babi. Bakso Babi ini rasanya khas dan mengundang selera Hehehehe..... gerimis begini mengundag seleraku untuk menikmati Bakso dari TONDOKKU yaitu bakso Babi. hmm...... mak nyossssssss.
Penjual bakso disana (Toraja) secara konsisten tetap berada dijalurnya yaitu jualan Bakso Toraja bahkan hidangan Bakso yang ia tawarkan berbeda dengan Bakso Jawa pada umumnya yaitu ada siomay dan gorengan khas Bakso Toraja dengan cita rasa KUAH yang khas.
Harga jual bakso toraja selalu lebih mahal daripada bakso jawa, saat ini harga jual bakso jawa di Toraja masih dalam pasaran Rp.9000-10.000 namun bakso toraja sudah mencapai harga Rp.12.000-15.000/mangkuknya dengan takaran yang sebenarnya lebih sedikit dari pada bakso jawa namun cita rasanya dijamin bakso jawa kalah daripada citarasa bakso toraja.
Kalau anda jalan-jalan ke Toraja, jangan lupa makan bakso Babi (yang nasrari). Dari sekian banyaknya Penjual bakso Babi di Toraja, ada tiga lokasi yang paling ramai yaitu : (1) Jalan Poros Rantepao-Makale, Tepatnya di Alang-Alang, (2) Jalan Palopo atau biasa disebut Japal, Depan Bank BNI, (3) Jalan Andi Mappanyuki, Samping Perwakilan PO.BUS LITHA & CO lihat. sumber:(http://kampoeng-heber.blogspot.com/)

0 komentar:

Poskan Komentar