Dalam dunia arsitektur seringkali terjadi perubahan yang selaras dengan perkembangan
teknologi, politik, sosial, ekonomi . modernisasi timbul ketika revolusi industri pada tahun 1960-1863. Pada keadaan inilah yang membawa perubahan dalam mayarakat yang akan mempengaruhi pula perubahan dalam
arsitektur . Gagasan modernisme dalam arsitektur dan tumbuh semenjak akhir abad ke19 di Eropa barat
yang diakibatkan oleh berbagai kemajuan dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi. terjadinya spesialisasi dan terpisahnya dua keahlian, yaitu arsitek dalam hal fungsi; ruang dan bentuk disatu pihak dan akhli struktur dan konstruksi dalam hal perhitungan dan pelaksanaan. Perubahan dalam kebudayaan ditandai dengan style neo clasic yang semakin pudar, menuju ke arah ‘Form follow function’ Ornamen diyakini sebagai suatu kejahatan karena dianggap tempelan dari ukiran dan merupakan kebenaran palsu, yang hal ini diungkapkan oleh Adolf Loos. Kondisi arsitektur modern dipenuhi dengan ambisi, ketegangan, hilangnya referensi lama, dan juga ketergeseran akan nilai kemanusiaan karena adanya industrialistis yang mendominasi kehidupan pada saat itu
PERKEMBANGAN SEJARAH
Gerakan Avant Garde memberi kehidupan baru dalam teori perencanaan dan pelaksanaan arsitektur . arsitektur modern mengkristal menjadi suatu aliran yang disebut dengan International Style, Dalam pandangan arsitektur modern selanjutnya (1910-1940-an) terjadi perubahan dalam pola dan keindahan arsitektur, dimana keindahan muncul semata mata oleh adanya fungsi dari elemen elemen bangunan. Oleh karenanya disebut sebagai aliran arsitektur Fungsionalisme, Teori bentuk dan konsep lama baik tentang keindahan dan seni arsitektur masa lalu telah ditinggalkan dengan munculnya aliran Cubism arsitektur Kubisme dan Fungsionalisme berkembang sangat cepat di Eropa Amerika bahkan Asia, hal ini sejalan dengan perkembangan budaya , pola pikir dan pola hidup modern masyarakat dalam hal seni, keindahan dan teknologi yang berdasarkan ratio, Progressive Individualistis yang didukung oleh Industrialis Materialistis
GERAKAN PADA ARSITEKTUR MODERN
Art and Craft movement (Inggris) adalah suatu gerakan pada akhir masa revolusi industri yang mementingkan komitmen kerja dan keindahan. Penganutnya menolak estetika yang dihasilkan oleh produksi secara massal, yang dianggap sebab utama hilangnya keindahan individual. Arts and Crafts Movement berkembang di Inggris saat paruh akhir abad ke-19. Gerakan ini juga dilakukan desiner amerika, dengan sedikit hasil yang berbeda. Di Amerika Serikat, gaya Arts and Crafts juga disebut Mission Style
Gerakan ini, yang menantang selera era Victoria, terisnpirasi oleh pemikir hal reformasi sosial seperti Walter
Crane dan John Ruskin, bersama dengan ideal yang dipikirkan oleh desainer dan pembaharu, William Morris.
Pemikiran mereka mengenai desain yang bagus memiliki hubungan dengan pemikiran mereka mengenai masyarakat yang ideal. Hal ini adalah pandangan mengenai situasi masyarakat dimana para pekerja tidak
terbebani oleh kondisi kerja di pabrik, namun dapat bekerja dengan kebanggaan karena keterampilannya dan kemampuannya. • Di periode ini, barang-barang manufaktur seringkali buruk dalam kualitas dan desain. Ruskin, Morris dan anggota lain memberi proposal bahwa akan lebih baik jika keterampilan tangan individual dapat dihidupkan kembali maka para pekerja akan mampu menghasilkan benda yang indah hasil keterampilan tangan yang baik dibandingkan hasil produksi massal yang buruk. Sehingga tujuannya adalah menciptakan desain yang “dibuat oleh masyarakat untuk masyarakat, dan merupakan sumber kesenangan bagi pembuat dan pemakai”
Gerakan ini memiliki pengaruh lebih lanjut ke gerakan Art Noveau pada nantinya. Art and craft movement memberikan kesan kembali ke periode gothic, roccoco, dan renaisans. Salah satu ciri utamanya adalah karya seni dibuat secara individu oleh seniman dengan sentuhan artistik yang khas. Setiap karya digarap dengan serius dan teliti. Secara garis besar , art and craft movement terbagi atas dua aliran besar , yaitu:
1. Rasionaliasi desain oleh kalangan modernis-formalis
2. Stilasi desain oleh kalangan stylish, yang kemudian melahirkan Art Nouveau
Beberapa contoh karya dari art and movement adalah Cover majalah studio 1888,Cover majalah “Craftsman” - Gustav Stickley, Halaman buku “Morte’d Arthur” - Aubrey Breadsley. Beberapa nama seniman art and movement antara lain, William Morris, Owen Jones, Gustav Sticley, Aubrey Breadsley , Arthur Mc. Murdo, Adolf Loos, Michael Tonet . Paham dan konsep baru tersebut antara lain: “Craftsman”-style architecture, furniture, and other decorative arts yang dipopulerkan oleh Gustav Stickley.
Rumah dengan gaya Bungalow, dipopulerkan oleh Greene and Greene. Komunitas Utopia seperti Byrdcliffe dan Rose Valley.• Pendirian studio-studio kerajinan tangan kontemporer yang muncul di daerah Rookwood, Detroit, dan Pasadena-California. dll.
Guild-Guild abad pertengahan menyediakan model untuk sistem produksi yang ideal bagi gerakan ini. Ide keindahannya juga dipinjam dari Eropa zaman pertengahan dan islam. Ide-ide dari Jepang juga dipakai dalam bentuk awal karya Arts and Crafts. Gayanya seringkali bersudut dan rectilinear, dengan dekorasi yang diperindah, mengingatkan pada desain abad pertengahan dan islam. Bagaimanapun, dengan cepat Arts and Crafts Movements di Ingris mulai menekankan keterampilan tangan dengan pengorbanan harga pasar umum. Hasilnya adalah karya yang dibuat dengan baik dan penuh dekorasi yang hanya mampu dibeli oleh kaum mampu. Dengan begitu ide bahwa seni untuk masyarakat menghilang, dan hanya sedikit pengrajin yang dapat diperkerjakan untuk karya-karya ini.Gerakan ini memiliki pengaruh lebih lanjut ke gerakan Art Noveau pada nantinya. Art and craft movement memberikan kesan kembali ke periode gothic, roccoco, dan renaisans. Salah satu ciri utamanya adalah karya seni dibuat secara individu oleh seniman dengan sentuhan artistik yang khas. Setiap karya digarap dengan serius dan teliti. Secara garis besar , art and craft movement terbagi atas dua aliran besar , yaitu:
1. Rasionaliasi desain oleh kalangan modernis-formalis
2. Stilasi desain oleh kalangan stylish, yang kemudian melahirkan Art Nouveau
Beberapa contoh karya dari art and movement adalah Cover majalah studio 1888,Cover majalah “Craftsman” - Gustav Stickley, Halaman buku “Morte’d Arthur” - Aubrey Breadsley. Beberapa nama seniman art and movement antara lain, William Morris, Owen Jones, Gustav Sticley, Aubrey Breadsley , Arthur Mc. Murdo, Adolf Loos, Michael Tonet . Paham dan konsep baru tersebut antara lain: “Craftsman”-style architecture, furniture, and other decorative arts yang dipopulerkan oleh Gustav Stickley.
Rumah dengan gaya Bungalow, dipopulerkan oleh Greene and Greene. Komunitas Utopia seperti Byrdcliffe dan Rose Valley.• Pendirian studio-studio kerajinan tangan kontemporer yang muncul di daerah Rookwood, Detroit, dan Pasadena-California. dll.
teknologi, politik, sosial, ekonomi . modernisasi timbul ketika revolusi industri pada tahun 1960-1863. Pada keadaan inilah yang membawa perubahan dalam mayarakat yang akan mempengaruhi pula perubahan dalam
arsitektur . Gagasan modernisme dalam arsitektur dan tumbuh semenjak akhir abad ke19 di Eropa barat
yang diakibatkan oleh berbagai kemajuan dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi. terjadinya spesialisasi dan terpisahnya dua keahlian, yaitu arsitek dalam hal fungsi; ruang dan bentuk disatu pihak dan akhli struktur dan konstruksi dalam hal perhitungan dan pelaksanaan. Perubahan dalam kebudayaan ditandai dengan style neo clasic yang semakin pudar, menuju ke arah ‘Form follow function’ Ornamen diyakini sebagai suatu kejahatan karena dianggap tempelan dari ukiran dan merupakan kebenaran palsu, yang hal ini diungkapkan oleh Adolf Loos. Kondisi arsitektur modern dipenuhi dengan ambisi, ketegangan, hilangnya referensi lama, dan juga ketergeseran akan nilai kemanusiaan karena adanya industrialistis yang mendominasi kehidupan pada saat itu
PERKEMBANGAN SEJARAH
Gerakan Avant Garde memberi kehidupan baru dalam teori perencanaan dan pelaksanaan arsitektur . arsitektur modern mengkristal menjadi suatu aliran yang disebut dengan International Style, Dalam pandangan arsitektur modern selanjutnya (1910-1940-an) terjadi perubahan dalam pola dan keindahan arsitektur, dimana keindahan muncul semata mata oleh adanya fungsi dari elemen elemen bangunan. Oleh karenanya disebut sebagai aliran arsitektur Fungsionalisme, Teori bentuk dan konsep lama baik tentang keindahan dan seni arsitektur masa lalu telah ditinggalkan dengan munculnya aliran Cubism arsitektur Kubisme dan Fungsionalisme berkembang sangat cepat di Eropa Amerika bahkan Asia, hal ini sejalan dengan perkembangan budaya , pola pikir dan pola hidup modern masyarakat dalam hal seni, keindahan dan teknologi yang berdasarkan ratio, Progressive Individualistis yang didukung oleh Industrialis Materialistis
GERAKAN PADA ARSITEKTUR MODERN
Art and Craft movement (Inggris) adalah suatu gerakan pada akhir masa revolusi industri yang mementingkan komitmen kerja dan keindahan. Penganutnya menolak estetika yang dihasilkan oleh produksi secara massal, yang dianggap sebab utama hilangnya keindahan individual. Arts and Crafts Movement berkembang di Inggris saat paruh akhir abad ke-19. Gerakan ini juga dilakukan desiner amerika, dengan sedikit hasil yang berbeda. Di Amerika Serikat, gaya Arts and Crafts juga disebut Mission Style
Gerakan ini, yang menantang selera era Victoria, terisnpirasi oleh pemikir hal reformasi sosial seperti Walter
Crane dan John Ruskin, bersama dengan ideal yang dipikirkan oleh desainer dan pembaharu, William Morris.
Pemikiran mereka mengenai desain yang bagus memiliki hubungan dengan pemikiran mereka mengenai masyarakat yang ideal. Hal ini adalah pandangan mengenai situasi masyarakat dimana para pekerja tidak
terbebani oleh kondisi kerja di pabrik, namun dapat bekerja dengan kebanggaan karena keterampilannya dan kemampuannya. • Di periode ini, barang-barang manufaktur seringkali buruk dalam kualitas dan desain. Ruskin, Morris dan anggota lain memberi proposal bahwa akan lebih baik jika keterampilan tangan individual dapat dihidupkan kembali maka para pekerja akan mampu menghasilkan benda yang indah hasil keterampilan tangan yang baik dibandingkan hasil produksi massal yang buruk. Sehingga tujuannya adalah menciptakan desain yang “dibuat oleh masyarakat untuk masyarakat, dan merupakan sumber kesenangan bagi pembuat dan pemakai”
Gerakan ini memiliki pengaruh lebih lanjut ke gerakan Art Noveau pada nantinya. Art and craft movement memberikan kesan kembali ke periode gothic, roccoco, dan renaisans. Salah satu ciri utamanya adalah karya seni dibuat secara individu oleh seniman dengan sentuhan artistik yang khas. Setiap karya digarap dengan serius dan teliti. Secara garis besar , art and craft movement terbagi atas dua aliran besar , yaitu:
1. Rasionaliasi desain oleh kalangan modernis-formalis
2. Stilasi desain oleh kalangan stylish, yang kemudian melahirkan Art Nouveau
Beberapa contoh karya dari art and movement adalah Cover majalah studio 1888,Cover majalah “Craftsman” - Gustav Stickley, Halaman buku “Morte’d Arthur” - Aubrey Breadsley. Beberapa nama seniman art and movement antara lain, William Morris, Owen Jones, Gustav Sticley, Aubrey Breadsley , Arthur Mc. Murdo, Adolf Loos, Michael Tonet . Paham dan konsep baru tersebut antara lain: “Craftsman”-style architecture, furniture, and other decorative arts yang dipopulerkan oleh Gustav Stickley.
Rumah dengan gaya Bungalow, dipopulerkan oleh Greene and Greene. Komunitas Utopia seperti Byrdcliffe dan Rose Valley.• Pendirian studio-studio kerajinan tangan kontemporer yang muncul di daerah Rookwood, Detroit, dan Pasadena-California. dll.
Guild-Guild abad pertengahan menyediakan model untuk sistem produksi yang ideal bagi gerakan ini. Ide keindahannya juga dipinjam dari Eropa zaman pertengahan dan islam. Ide-ide dari Jepang juga dipakai dalam bentuk awal karya Arts and Crafts. Gayanya seringkali bersudut dan rectilinear, dengan dekorasi yang diperindah, mengingatkan pada desain abad pertengahan dan islam. Bagaimanapun, dengan cepat Arts and Crafts Movements di Ingris mulai menekankan keterampilan tangan dengan pengorbanan harga pasar umum. Hasilnya adalah karya yang dibuat dengan baik dan penuh dekorasi yang hanya mampu dibeli oleh kaum mampu. Dengan begitu ide bahwa seni untuk masyarakat menghilang, dan hanya sedikit pengrajin yang dapat diperkerjakan untuk karya-karya ini.Gerakan ini memiliki pengaruh lebih lanjut ke gerakan Art Noveau pada nantinya. Art and craft movement memberikan kesan kembali ke periode gothic, roccoco, dan renaisans. Salah satu ciri utamanya adalah karya seni dibuat secara individu oleh seniman dengan sentuhan artistik yang khas. Setiap karya digarap dengan serius dan teliti. Secara garis besar , art and craft movement terbagi atas dua aliran besar , yaitu:
1. Rasionaliasi desain oleh kalangan modernis-formalis
2. Stilasi desain oleh kalangan stylish, yang kemudian melahirkan Art Nouveau
Beberapa contoh karya dari art and movement adalah Cover majalah studio 1888,Cover majalah “Craftsman” - Gustav Stickley, Halaman buku “Morte’d Arthur” - Aubrey Breadsley. Beberapa nama seniman art and movement antara lain, William Morris, Owen Jones, Gustav Sticley, Aubrey Breadsley , Arthur Mc. Murdo, Adolf Loos, Michael Tonet . Paham dan konsep baru tersebut antara lain: “Craftsman”-style architecture, furniture, and other decorative arts yang dipopulerkan oleh Gustav Stickley.
Rumah dengan gaya Bungalow, dipopulerkan oleh Greene and Greene. Komunitas Utopia seperti Byrdcliffe dan Rose Valley.• Pendirian studio-studio kerajinan tangan kontemporer yang muncul di daerah Rookwood, Detroit, dan Pasadena-California. dll.
0 komentar:
Posting Komentar